FGD Penyusunan Naskah Akademik

Comment

BERITA UTAMA

Keberadaan Naskah Akademik awalnya belum menjadi suatu keharusan dalam penyusunan Rancangan Peraturan Perundang – Undangan. Menjadi harus sejak Tahun 2011, sesuai ketentuan Pasal 43 ayat (3) UU No. 12 Tahun 2011. Fungsi Naskah Akademik adalah :

  1. Bahan awal yang membuat gagasan tentang urgensi pendekatan, ruang lingkup dan materi muatan suatu Peraturan Perundang – Undangan;
  2. Bahan dasar bagi penyusunan rancangan Peraturan Perundang-Undangan.

Tahap pembahasan konsep penyusunan: Menyelenggarakan diskusi publik (public hearing) adalah menarik informasi dan pendapat masyarakat dan pihak-pihak terkait, Menghimpun masukan dari berbagai pihak dalam rangka memperkaya dan menyempurnakan NA diskusi publik ini dapat berbentuk diskusi terfokus, lokakarya, seminar, jaring aspirasi publik, pertemuan konsultasi atau juga mempublikasikan di media masa.

Adapun latar belakang adanya Raperda Izin Peruntukan Penggunaan Tanah sebagai berikut : Bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Izin Peruntukan Penggunaan Tanah tidak termasuk jenis retribusi daerah. Bahwa Peraturan Daerah Kota Banjar Nomor 35 Tahun 2004 Tentang Retribusi Izin Peruntukan Penggunaan Tanah masih mengatur tentang retribusinya sehingga perlu disesuaikan. Bahwa dengan semakin terbukanya peran swasta dan masyarakat dalam pembangunan, maka perlu adanya pengarahan dan pengendalian terhadap penggunaan tanah agar peruntukannya sesuai dengan rencana tata ruang / RTRW di Kota Banjar.

Oleh karena itu, evaluasi terhadap draft NA perlu dilakukan setelah memperoleh masukan atau tanggapan dari masyarakat, pada proses ini tim penyusun NA menginventarisir masukan-masukan yang diperoleh dari diskusi publik dan sedapat mungkin mengakomodir masukan-masukan yang bermanfaat ke dalam NA. Dengan harapan, Kriteria Rancangan Peraturan daerah yang diprogramkan dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) sudah disertai dengan draft Raperda tentang Izin Gangguan, Izin Peruntukan Penggunaan Tanah dan naskah akademiknya sudah diharmonisasikan, untuk meningkatkan pelayanan publik demi terciptanya kesejahteraan masyarkat.(BPMPPT Kota Banjar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *