Sosialisasi Pelayanan Perijinan dan Investasi Melalui Sinergitas Peran BHABINKAMTIBMAS dan BABINSA Di Kota Banjar

Comment

BERITA UTAMA PENGENDALIAN

Sosialisasi Pelayanan Perijinan dan Investasi Melalui Sinergitas Peran BABINKAMTIBMAS dan BABINSA Di Kota BanjarBahwa kita sebagai aparatur pemerintah, tidak ingin menjadi aktor yang akan menyengsarakan rakyat tetapi malah sebaliknya, kita ingin menjadi pemacu kesejahteraan rakyat. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk itu adalah dengan membangun sistem pelayanan perizinan terpadu.

Hasil pendataan terakhir, bahwa jumlah bangunan di kota banjar sekitar ± 46.000 unit, dari jumlah tersebut baru sekitar 30% yang telah memiliki dokumen perizinan. Untuk itu perlu adanya kerjasama yang efektif dalam hal ini sinergitas dengan stakeholder berkenaan dengan memberikan kesadaran dan ketaatan hukum mengenai legalitas bangunan yang ditempati atau digunakan.

Kita ketahui secara umum, bahwa tugas BHABINKAMTIBMAS dan BABINSA adalah sebagai pelaksana pembinaan teritorial yang berhadapan langsung dengan masyarakat serta melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu anggota BHABINKAMTIBMAS dan BABINSa dituntut memiliiki kondisi mental, motivasi yang tangguh, tingkat profesionalisme yang memadai dan kemampuan yang dapat diandalkan.

Maka dari itu Pemerintah Kota Banjar menggagas atau mempunyai inisiatif untuk mengadakan sinergitas khususnya di bidang pelayanan perizinan dan berkolaborasi dengan POLRES Kota Banjar dan KODIM 0613 Ciamis untuk menggerakkan seluruh Anggota BHABINKAMTIBMAS dan BABINSA.

Nantinya setelah berjalannya sinergitas dengan Anggota BHABINKAMTIBMAS dan BABINSA akan memberikan dampak yang positif, diantaranya :  peningkatan prosentase jumlah masyarakat yang mengurus dokumen perizinan, terciptanya deteksi dini di lapangan apabila akan ada kegiatan pembangunan dan terwujudnya iklim ketentraman dan ketertiban yang kondusif di masyarakat.

Core Area Programme unggulan DPMPTSP Kota Banjar yaitu “PERCAYA’  (PERizinan Cepat hemAt biaYA) yang terdiri dari :

  1. Program FORTUNER (FORmulir TUruN kmasyaRakat), memiliki makna bahwa pelayanan menyentuh ke pelosok pedesaan.
  2. Program CURHAT (Cepat URusi keluHan masyarakAT), memiliki makna cepat tanggap terhadap permasalahan di masyarakat.
  3. Program prestasi (PRioritaskan sElalu inveSTASI), memiliki makna bahwa apabila ketentraman dan ketertiban di masyarakat tercipta, maka akan mendorong peluang-peluang investasi. Data Tahun 2015 realisasi sebesar Rp 65.886.700.009,- dan Tahun 2016 sebesar Rp 75.499.785.261,-.

Kami yakin bahwa dengan terjalinnya sinergitas ini akan mendukung komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat dengan mengedepankan azas “Zero Delay, Zero Complaint, and Service Excellent”.(DPMPTSP Kota Banjar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *