Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Pemerintah Kota Banjar Dan DPMPTSP Kota Banjar Dengan BPJS Ketenagakerjaan Banjar

Comment

BERITA UTAMA INVESTASI

Hari Jumat tanggal 1 November 2019, Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, Kepala DPMPTSP Kota Banjar H. Soni Harison, AP.,S.Sos.,M.Si serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Banjar Maulana Ridwan menandatangani Perjanjian Kerjasama Antara Pemerintah Kota Banjar Dan DPMPTSP Kota Banjar Dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Banjar Tentang Perluasan Cakupan Kepesertaan, Peningkatan Kesadaran Dan Kepatuhan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Di Wilayah Kota Banjar. Kegiatan ini dihadiri oleh Asda I Setda Kota Banjar Ir. H. Tomy Subagja, MM, Kepala Disnaker Kota Banjar  Drs.H.Ruswa Sumarna, M.Si serta para undangan lainnya.

Terkait program BPJS sejak 1 Juli 2015 Pemerintah RI melalui perangkat perundang – undangan ada dua program BPJS, pertama BPJS Kesehatan dengan khusus menyelenggarakan program kesehatan, kedua BPJS Ketenagakerjaan yang menyelenggarakan 4 program yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Program Jaminan Kematian, Program Jaminan Hari Tua dan Program Jaminan Pensiun. Untuk keempat program ini diperuntukan kepada seluruh pekerja yang ada di Indonesia baik Swasta,PNS, TNI dan POLRI.

Berharap kepada seluruh perusahaan penanaman modal di Kota Banjar bisa mengikuti dan melaksanakan ketentuan perjanjian kerjasama yang akan ditandatangani antara Pemerintah Kota Banjar dan DPMPTSP Kota Banjar dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Banjar sehingga manfaat dan kegunaannya bisa meringankan beban pekerja di kemudian hari walaupun kejadian berkaitan dengan kecelakaan kerja dan kematian ini tidak diharapkan bahkan mudah – mudahan kita semua dijauhkan dari kejadian tersebut. Dengan terpenuhinya hak akan jaminan sosial, bukan hanya tenaga kerja saja yang dapat bekerja dengan tenang, pihak perusahaan pun dapat melakukan kegiatan operasional sehari-hari dengan tenang.

Bahwa masalah jaminan sosial bagi tenaga kerja ini sangat penting untuk selalu ditekankan dan sosialisasikan sebab tenaga kerja menjadi faktor yang sangat penting bagi maju dan mundurnya perusahaan, skill yang bagus dari para pekerja tidak menjamin suksesnya suatu perusahaan. Suasana hati dan perasaan sangat menentukan kinerja tenaga kerja setiap harinya.

Wali Kota Banjar menyampaikan apresiasi kepada segenap perusahaan penanam modal yang telah berinvestasi di Kota Banjar dan berpesan kepada perusahaan penanamam modal agar memperlakukan karyawan atau pekerja secara sportif dan manusiawi sebagaimana diri kita ingin hak kita dipenuhi karena telah melaksanakan kewajiban. Dengan sistem kerja dan penghargaan yang baik kepada karyawan, perusahaan  bisa semakin maju.

Dengan adanya perjanjian kerjasama  antara Pemerintah Kota Banjar dan DPMPTSP Kota Banjar dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Banjar maka akan meningkatkan cakupan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan pelayanan publik tertentu meliputi  perijinan terkait usaha dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) fungsi usaha.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pemberian Kartu BPJS Ketenakerjaan secara simbolik kepada alim ulama dan tokoh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *